susu nutrisi untuk orang sakit

Manfaat Minum Susu Setelah Sakit

Apakah Anda dalam pemulihan? Cara mengatasi tubuh lemah setelah sakit adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda juga akan terhindar dari tertular penyakit yang telah diderita.

Ketika terjadi gangguan pada sistem tubuh akibat sakit, protein sangat dibutuhkan untuk mengembalikan vitalitas tubuh. Berbeda dengan karbohidrat atau lemak yang otomatis tersimpan di dalam tubuh saat tidak digunakan, protein akan cepat hilang.

Oleh karena itu, protein berperan dalam membantu tubuh mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel baru. Selain protein, vitamin B12 juga dibutuhkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baik protein dan vitamin B12 keduanya ditemukan dalam susu. Jadi salah satu khasiat susu nutrisi untuk orang sakit  bisa segera memulihkan tubuh yang baru saja terserang penyakit. Jadi sangat dianjurkan untuk minum susu setidaknya satu gelas setiap hari selama masa pemulihan untuk mengembalikan energi ke tubuh.

Selain dibutuhkan selama masa pemulihan, menjadikan susu sebagai menu sarapan pagi adalah cara yang tepat untuk memastikan tubuh mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Jangan lupa untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas dengan membaca tabel nutrisi pada kemasan susu untuk mengetahui kandungan yang terkandung di dalamnya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Nilai gizi yang tinggi dalam susu membuatnya sering dimasukkan sebagai makanan pokok sehari-hari dan juga makanan untuk diet seimbang. Dimana susu mengandung banyak nutrisi diantaranya vitamin A, B12, D, kalsium, fosfor, karbohidrat, selenium, magnesium, protein, seng, dan riboflavin.

Sehingga kebiasaan minum susu setiap hari perlu dibiasakan untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari minum susu. Konsumsi susu dianjurkan minimal satu gelas sehari karena jika kekurangan susu, tubuh bisa mengalami anemia, osteoporosis dan penyakit lainnya.

Setelah sakit mungkin Anda kekurangan tidur, dengan minum susu maka akan membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikarenakan kandungan triptofan dan asam amino yang terdapat dalam susu yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itu, susu juga mengandung melatonin yang membantu mengontrol hormon alami tubuh yang berperan dalam mengatur pola tidur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.