Paracetamol Sirup

Langkah Memberikan Paracetamol Sirup Kepada Anak yang Harus Anda Tahu

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memberikan Paracetamol Sirup kepada buah hati. Hal ini karena bahan-bahan di dalamnya terdiri dari bahan kimia didesain khusus untuk menurunkan demam serta mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi.

Langkah Memberikan Parasetamol Sirup Pada Anak

Setiap pembelian obat akan selalu ada aturan pakai yang terdapat di balik kemasan. Selain itu juga dijelaskan ingredients serta efek samping setelah mengkonsumsinya misalnya mengantuk. Selain itu ada aturan lainnya untuk menghindari terjadinya dampak negatif, berikut ulasannya:

  1. Hindari Menggunakan Sendok Teh

Setiap produk sirup umumnya akan memberikan sendok takar berbahan plastik pada setiap kemasannya. Di samping itu juga terdapat pula penunjuk berupa angka agar sesuai dengan petunjuk pemakaian. Meski dalam hal ini terkesan simpel namun tetap tidak boleh sembarangan.

Menggunakan sendok teh untuk menakar obat tidak disarankan karena ditakutkan terlalu banyak atau justru di bawah aturan yang berlaku. Menurut suatu penelitian menyebutkan penerapannya bisa mengakibatkan obat tidak efektif atau malah terjadi overdosis paa anak.

  1. Jangan Membangunkan Anak untuk Minum Obat

Ketika anak panas, tentu orang tua akan merasa khawatir berlebihan yang akhirnya membuat mereka memutuskan tindakan spontan. Umumnya mereka akan membangunkan buah hatinya untuk minum obat, namun sebenarnya hal tersebut tidak disarankan.

Sebelum pemberian obat penurun panas, cobalah untuk mengukur suhu tubuhnya terlebih dahulunya. Umumnya dokter akan melarang jika suhunya kurang dari 38,3 derajat celcius. Catatan pentingnya jika ingin meminumkannya usahakan ketika ia telah bangun.

  1. Jangan Paksa Jika Tidak Mau Menelan Obat

Obat memang memiliki kandungan tertentu yang membuatnya terasa kurang enak meskipun jenis sirup. Jika saat memberikannya anak menolak untuk menelannya, sebaiknya jangan dipaksa karena ketika mereka merasa tertekan maka bisa saja suhunya akan terus naik drastis.

Sebenarnya alangkah lebih baik jika mengkonsumsi obat penurun panas atas resep dokter. Sebab pada beberapa kejadian terdapat kondisi penolakan tubuh dengan salah satu cirinya yakni muntah. Jika demikian cobalah mengaplikasikan obat jens acetaminophen.

Berbeda dengan produk lainnya yang masuk melalui mulut, acetaminophen ini bereaksi jika menggunakannya pada anus. Agar lebih efektif silahkan melakukan cara-cara sederhana seperti memberikan minum air putih, mengompres, da istirahat cukup.

  1. Beli Obat Demam Anak Berdasarkan Resep Dokter

Meskipun di pasaran sudah ada banyak obat penurun demam, namun alangkah lebih baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Saat ini Anda bisa menjalankan tahap ini hanya dengan mengakses suatu aplikasi atau mengunjungi website resmi kesehatan.

Sebagian besar ditangani oleh para ahli dalam bidangnya yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. silahkan tanyakan secara lengkap misalnya mulai dari dosi, brand produk, serta tanyakan apakah cocok jika anak memiliki alergi. Hal ini demi keamanan buah hati agar tidak terjadi masalah.

  1. Pastikan Dosisnya Sesuai

Pemberian obat demam anak sangat penting mengerti dosisnya yang umumnya terdapat di balik kemasan. Jangan lupa menggunakan sendok takar yang sudah ada di dalamnya agar kinerjanya lebih efektif sehingga dampak buruk seperti overdosis bisa dihindarkan.

Saat ini sudah ada banyak merk paracetamol yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan panas anak. Sebab apabila terus dibiarkan ditakutkan akan memberikan dampak buruk. Jika diperlukan sebelum meminumnya alangkah lebih baik membaca aturan pakai.

Itulah penjelasan singkat berkenaan dengan cara penerapan Paracetamol Sirup yang sangat pening diketahui untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian har. Agar kinerjanya semakin efektif hindari kelelahan dan usahakan istirahat cukup.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.