Kini Sukses, Via Vallen Akui Dulu Tak Suka Jadi Pedangdut, Terpaksa karena Nyanyi Keliling Kampung

Via Vallen tengah berada di puncak kariernya sebagai penyanyi dangdut di usianya yang ke 30 tahun. Siapa sangka ia dulu tak suka nyanyi dangdut, dan terpaksa menyanyi. Via Vallen yang baru muncul di industri musik Indonesia tahun 2016, berhasil berada di puncak popularitasnya hanya dalam waktu empat tahun saja. Via Vallen pun menceritakan perjalanan kariernya yang diakui olehnya dimulai sejak masih kecil sampai dengan sukses dan terkenal, hingga memiliki penggemar bernama 'Vyanisti'.

"Jadi awal mulanya nyanyi sejak kelas 5 SD," kata Via Vallen saat berbincang dengan Rossa lewat live instagram dalam program 'Bisik', Kamis (29/10/2020) malam. Via Vallen mengakui bahwa awal mulanya nyanyi karena ikut orangtuanya, Mohammad Arifin dan Rosida bermain musik keliling kampung. Saat itu, wanita bernama asli Maullydia Octavia tersebut tidak merasakan panggung tingkat juga besar. Ia hanya merasakan panggung tanah dan juga lantai yang begitu dingin.

"Awalnya sih enggak percaya diri menyanyi karena pemalu. Aku maluan, tapi abis itu diharuskan. Karena mamah kepingin anaknya jadi penyanyi dangdut," ucapnya. Rasa malu wanita kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1990 itu dikarenakan ia tak selera dengan musik dangdut. Ia merasa sangat suka menyanyi lagu pop. "Dulu aku tuh enggak interest sama dangdut. Aku suka dengerin lagu pop. Akhirnya yaudah belajar nyanyi dangdut dan bisa," jelasnya.

Kemudian, beranjak remaja dan dewasa, Via pun terus fokus mewujudkan keinginan ibundanya menjadi penyanyi dangdut yang terkenal. Akhirnya Via bisa mewujudkan itu. Dirinya meluncurkan lagu bertajuk 'Selingkuh (2014)', 'Secawan Madu (2016)', 'Sakit Sakit Hatiku (2017)', dan kemudian terkenal lewat lagu 'Sayang (2017)'. Karier Via semakin meroket dengan meraih beberapa penghargaan, diantaranya adalah 'Penyanyi Dangdut Paling Ngetop' SCTV Music Awards 2017, 'Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler' Indonesia Dangdut Awards 2017, 'Penyanyi Paling Ngetop' SCTV Awards 2017, dan beberapa acara penghargaan lainnya.

Kemudian, Via menjadi primadona ketika dirinya didapuk menjadi penyanyi dalam acara Asian Games 2018 dan menyanyikan lagu 'Meraih Bintang'. Meski sudah sukses dan digandrungi kaum adam, biduan dangdut koplo itu tentu memiliki beberapa masalah dalam hidup dan menjalani kariernya. Musibah sampai bully warganet menjadi warna dalam kesuksesan karier Via sebagai pedangdut sukses Indonesia.

Tapi, Via berhasil melewati semuanya karena dukungan dan motivasi dari keluarga dan penggemarnya, yang selalu mengingatkannya kepada semua usaha atau perjuangan yang ia lakukan sampai sudah terkenal. "Masa karena di bully aku harus nyerah gitu aja sayang sama perjuangannya dulu. Karena masalah gitu aja nyerah. Ya intinya jangan mudah menyerah," katanya. "Karena diluar sana banyak banget orang dikasih ujian lebih sulit dari kita, masa kita mau ngeluh," tambahnya.

Lebih lanjut, Via Vallen menegaskan dirinya masih ada mimpi yang belum terwujud meski sudah sukses. Diantaranya adalah mengumpulkan semua Vyanisti didalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Pusat. "Goals yang ingin dicapai adalah pengin ngadain konser di SUGBK, itu sih yang belum. Cuma gak tau bakalan bisa terwujud apa enggak," ujar Via Vallen. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.