Investasi Jangka Pendek

Mekanisme dan Cara Kerja P2P lending Indonesia

Dengan semakin berkembangnya dunia finansial saat ini, maka ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa digunakan. Anda bisa bebas memilih investasi jangka panjang ataupun investasi jangka pendek. Karena nantinya tersedia beberapa jenis yang bisa Anda pilih.

Salah satu jenis investasi jangka pendek yang tengah populer digunakan saat ini yaitu peer to peer lending atau disingkat juga dengan nama P2P lending. Untuk lebih mengetahui bagaimana cara kerja dalam investasi jangka pendek peer to peer lending ini, maka Anda perlu membaca ulasan di bawah hingga tuntas.

Bagaimana Mekanisme dan Cara Kerja P2P lending Indonesia?

 

Investasi jangka pendek tersebut mempertemukan antara pihak yang memerlukan pinjaman dengan para pemilik modal secara online untuk memberikan pembiayaan. Untuk jenisnya sendiri terbagi dalam beberapa jenis, antara lain yaitu pembiayaan konsumtif serta pembiayaan produktif.

Biasanya di sini platform dari P2P lending tersebut menawarkan produk pembiayaan invoice untuk kebutuhan yang sifatnya produktif. Pembiayaan seperti itu umumnya akan digunakan dan dipersiapkan bagi para pelaku usaha kecil dan mikro yang menunggu pembayaran tagihan pada para pemberi kerja. Umumnya para pelaku UKM tersebut akan memperoleh pembayaran dalam rentang waktu 1 hingga 6 bulan.

Para pemilik UMKM yang memerlukan pinjaman nantinya akan melakukan pengajuan ke perusahaan penyedia platform P2P lending. Selanjutnya akan dibuka penggalangan modal atau dana dari para investor, supaya uang nantinya bisa terkumpul sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM tersebut.

Setelah nantinya proses penggalangan dana terpenuhi, pihak penyedia perform investasi jangka pendek P2P lending Indonesia menyalurkan pinjaman pada para pelaku UMKM. Pemberi pinjaman atau pendanaan akan menerima keuntungan dari bunga pinjaman yang mereka berikan tersebut.

Investasi dengan jangka pendek merupakan sebuah kegiatan yang saling menguntungkan antara investor dan juga kreditur. Hal itu dikarenakan dua pihak tersebut mempunyai posisi yang sama-sama penting di dalam dunia investasi tersebut.

Jika disini Anda berperan sebagai investor, maka Anda akan memperoleh keuntungan yang didapat dari P2P lending. Selain itu, keuntungan dari investasi ini juga bisa didapatkan hanya dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Tentunya hal tersebut sangatlah cocok sekali bagi mereka yang memang ingin mencapai target keuangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, dari manakah asal keuntungan peer-to-peer lending tersebut? Pertanyaan tersebut memang seringkali diajukan oleh para investor. Karena mereka cenderung masih ragu untuk melakukan investasi pada platform peer to peer lending.

Perlu untuk Anda ketahui, aliran dana di dalam PP2 landing tersebut sudah sangat jelas. Sehingga Anda yang ingin bergabung sebagai investor tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Mencoba investasi jangka pendek peer to peer lending akan membuat Anda sebagai investor lebih mudah dalam mencari tahu calon peminjam atau kreditur.

Karena daftar profil diulas secara lengkap dalam sebuah catatan piutang sebelumnya. Sehingga dengan begitu para investor yang memberikan dana pada platform tersebut bisa mengetahui bahwasannya dana yang diinvestasikan diterima oleh kreditur yang benar-benar terpercaya.

Lebih menariknya lagi yaitu, waktu untuk menjalankan investasi jangka pendek tersebut adalah kesepakatan bersama. Sehingga peer to peer lending lebih cepat dalam mendatangkan profit dari bunga kreditnya. Hal itu dikarenakan hutang selalu dibayar kreditur tiap bulan.

Dengan adanya waktu jatuh tempo tentu hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi para investor yang sudah menanamkan modal supaya nantinya tidak terjadi kerugian, karena mereka telah menyuntikan dana mereka pada para kreditur.

Bahkan sekalipun di sini terjadi keterlambatan untuk pembayaran dari kreditur, investor tetap bisa memperoleh keuntungan karena terdapat aturan berupa denda dan bunga yang tetap berjalan. Sebenarnya untuk bisa mencapai target finansial dalam jangka pendek memang terbilang tidak terlalu susah, tergantung dari masing-masing pelau investasi.

Maka dari itulah, bagi Anda yang saat ini tertarik melakukan investasi dengan durasi pendek yang memberikan keuntungan cukup besar, Anda bisa mencoba untuk menggunakan P2P ini sebagai instrumen investasi Anda. Namun sebelumnya Anda harus pastikan platform yang Anda pilih benar-benar terpercaya agar Anda terhindar dari tindak penipuan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.