24.793 Personel Gabungan Amankan Pilkada Serentak 2020 di Kalsel

Sebanyak 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota hari ini, Rabu (9/12/2020) menggelar Pilkada serentak 2020. Provinsi Kalimantan Selatan dan beberapa kabupan/kota yang ada di Bumi Lambung Mangkurat juga melaksanakan pesta demokrasi tersebut. Untuk mengamankan Pilkada Serentak 2020, Polda Kalimantan Selatan mengerahkan 6.369 personel dari Polda dan Polres jajaran.

"Pengamanan juga ditambah dari TNI sebanyak 1.201 personel, dan Linmas sebanyak 17.223 personel, total seluruhnya ada 24.793 personel, " ucap Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dalam keterangannya. Rikwanto sejak Selasa (8/12/2020) malamsudah mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kota Banjarmasin. Kehadiran jenderal bintang dua itu untuk memonitoring kesiapan saat pencoblosan hari ini.

Selain rombongan kapolda, turut hadir pula Ketua DPRD Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanud Syamsuddin Noor, Danlanal Banjarmasin serta Kabinda Kalsel. Dalam kesempatan itu, Rikwanto mengunjungi TPS 10 Jalan Sutoyo S, Banjarmasin Tengah, TPS 22 Jalan H.P. Noor Pelambuan, Banjarmasin Barat, TPS 9 Jalan Pangeran, Banjarmasin Utara, TPS 12 Kelurahan Sungai Bilu, Banjarmasin Timur, dan TPS 11 Jalan Bumi Mas Raya Gang Bumi Pertiwi 4, Banjarmasin Selatan. Berdasarkan hasil monitoring, setiap TPS telah melakukan persiapan, mulai di lokasi TPS sampai logistik sudah dipersiapkan.

Bahkan di beberapa TPS telah menyiapkan bilik suara khusus untuk pemilih yang memiliki suhu tubuh tinggi. Rikwanto menegaskan, setiap TPS wajib memperketat protokol kesehatan. Caranya, sebelum memasuki TPS, setiap pemilih akan melalui pengecekan suhu tubuh oleh petugas, mencuci tangan dan wajib menggunakan masker.

“Saya berharap petugas dapat terus mensosialisasikan serta mengawasi protokol kesehatan selama jalannya proses pemilihan di TPS. Mohon doanya, semoga Pilkada dapat berjalan aman, damai dan sehat. Serta masyarakat juga dapat menggunakan hak pilihnya,” ucap Rikwanto. Rikwanto menambahkan kehadiran Polri dan TNI memberikan jaminan keamanan pelaksanaan Pilkada di Kalimantan Selatan, karena Polri dan TNI akan terus mengawal dan mengamankan Pilkada agar pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.