Apa yang Harus Dilakukan jika Batuk Berdahak?

Selain demam, ada satu lagi gejala umum ketika seseorang sakit adalah batuk. Jenis batuknya pun beragam, ada yang mengalami batuk kering tapi juga banyak yang menderita batuk berdahak. Solusi pengobatan paling canggih adalah menggunakan produk terapi modern seperti alat nebulizer. Alat ini berfungsi menciptakan uap nebulisasi yang baik untuk mengobati batuk berdahak. Cara pemakaiannya juga jauh lebih mudah, ramah dan cepat daripada inhalasi uap menggunakan baskom air panas. Karena itulah alat kesehatan ini sangat populer belakangan ini terutama untuk mengobati pasien dengan masalah pernapasan.

 

 

Solusi Sederhana Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk berdahak bisa terjadi pada siapa saja tidak mengenal umur maupun jabatan. Pemicu utamanya adalah infeksi yang mengakibatkan tubuh menciptakan dahak secara berlebihan. Agar batuk berdahak tidak bertahan lama dan mengganggu aktivitas Anda, segera lakukan berbagai pengobatan berikut.

1. Minum Air Hangat

Sebelum mencoba berbagai obat batuk berdahak yang dijual di toko obat atau apotek, Anda bisa meringankannya dengan minum segelas air hangat. Air hangat cukup efektif meredakan rasa gatal pada tenggorokan.  Tambahkan madu secukupnya untuk rasa manis.

Bila cara ini masih belum berhasil, Anda bisa mengkombinasikannya dengan mandi atau berendam air hangat. Menjaga tubuh tetap hangat merupakan cara terbaik meredakan intensitas dari batuk berdahak.

2. Kumur Air Garam

Selain dianjurkan banyak minum dan membilas tubuh dengan air hangat, Anda juga diminta berkumur dengan air garam. Dalam sehari, usahakan untuk berkumur air garam sebanyak 3 kali dalam waktu satu menit.

Pengobatan tradisional ini memang tidak mengatasi batuk berdahak secara permanen tapi setidaknya efektif meredakannya.Anda juga bisa menambahkan perasan air jeruk nipis untuk manfaat yang lebih maksimal.

3. Istirahat Secukupnya

Beban pekerjaan yang Anda miliki mungkin sangat banyak namun membiarkan tubuh bekerja terlalu keras juga bukan pilihan yang tepat apalagi ketika sedang batuk berdahak. Bukannya cepat pulih yang ada, Anda akan mengalami batuk berdahak yang semakin parah dan menyiksa.

Ambil izin sakit dan manfaatkan waktu tersebut untuk benar-benar istirahat dalam artian tidak melakukan pekerjaan kantor di rumah atau justru mengerjakan pekerjaan rumah. Istirahat yang cukup lantas imbangilah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat juga berolahraga.

4. Inhalasi Uap Air Panas

Sebelum berbagai teknologi berkembang pesat, inhalasi uap menggunakan baskom air panas sudah sering dilakukan oleh penderita batuk berdahak dan hasilnya pun sangat memuaskan. Anda bahkan bisa menambahkan beberapa tetesan minyak kayu putih atau minyak esensial ke dalam baskom sebagai pereda hidung tersumbat.

Udara panas yang Anda hirup akan membantu membuka sistem pernapasan yang terhalang oleh dahak berlebih. Dahak juga menjadi lebih encer sehingga batuk berdahak dapat sembuh lebih cepat.

Sesuai rekomendasi pengobatan keempat, inhalasi uap air panas memang yang paling berkhasiat namun cukup repot untuk dilakukan sendiri. Kini, ada alat canggih yang mampu mengadopsi cara pengobatan tersebut yakni alat nebulizer dari Omron yang bisa ditemukan pada link berikut https://www.omronhealthcare-ap.com/id/product/286-ne-c28/. Dengan menggunakan alat ini, pengobatan untuk batuk berdahak pun sangat mudah dilaukan di rumah, tanpa perlu repot memasak air panas terlebih dulu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.