Cara Mengurus Nomor Rangka Hilang Dengan Jasa Ketok Nomor Rangka Motor

Nomor rangka motor penting sebagai salah satu komponen kendaraan bermotor. Nomor tersebut menjadi salah satu syarat administrasi yang penting sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Sebagaimana dengan namanya, nomor rangka motor tertera di bagian rangka dan juga pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Nomor rangka motor juga tertulis di Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kesesuaian nomor rangka motor baik pada STNK maupun BPKB harus sama. Jasa ketok nomor rangka motor dapat membantu anda membetulkan nomor rangka yang salah.

Nomor rangka motor menjadi bukti bahwa kendaraan yang anda miliki merupakan kendaraan resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan. Sehingga, keterbacaan nomor rangka motor ini sangatlah penting untuk mengidentifikasi suatu kendaraan secara resmi. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang enggan dan kesulitan  mengurus nomor rangka hilang dan sulit untuk bisa terbaca. Padahal nomor rangka tersebut sangatlah penting sebagai syarat administrasi suatu kendaraan bermotor.

Bagi anda yang  mengalami masalah nomor rangka motor yang mulai memudar atau bahkan hilang. Anda perlu untuk segera mengurusnya pada dinas terkait. Berikut ini  cara yang harus dilakukan untuk mengurus nomor rangka motor yang mulai hilang, yaitu:

  • Pastikan kendaraan tersebut memiliki surat-surat yang sah. Artinya, motor tersebut memiliki dokumen yang lengkap, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).
  • Mencari surat pengantar pada kantor Samsat sesuai dengan domisili pada KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Melakukan pengecekan fisik di Polda sesuai dengan lokasi permohonan pada surat pengantar. Jika cek fisik tersebut sudah sesuai dan telah disetujui, maka Polda akan memberikan surat keterangan.
  • Selanjutnya anda perlu untuk mengunjungi dealer untuk mengurus nomor rangka motor yang hilang.
  • Setelah itu, anda perlu untuk kembali ke Polda dan Samsat untuk pengesahan dan mengurus pajak kendaraan.

Itulah tadi beberapa langkah untuk mengurus nomor rangka hilang. Sebaiknya anda melakukan pengurusan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Sehingga kendaraan anda dapat diakui secara resmi dan legal.

Dapatkan berbagai informasi terbaru dan menarik mengenai spare part, aksesoris dan berbagai info seputar dunia otomotif hanya di Seva.id.  Ini merupakan layanan online terpercaya yang menghadirkan informasi terkait dengan otomotif hingga properti untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Seva.id tidak hanya memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalanan, dan gaya hidup. Seva.id juga menawarkan anda pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.